Monday, April 23, 2012

Super-cheesy Mushrom & Meat Pizza


Ceritanya si Risal, adekku, uda semingguan lebih ngekos. Mama bilang uda kangen dan ngajak nengokin (Padahal kosan nya juga di Surabaya, haha). Karena pas di-sms si Risal minta dibawain masakan rumah, alhasil beberapa hari sebelumnya mama dan aku sibuk ngutek-utekin bahan makanan di dapur dan belanja ke pasar.
Karena koki masaknya mama, jadi beliau yang bikinin makanan utama buat Risal. Kalo nggak salah sih waktu itu dibikinin capcay yang sayur sama lauknya lengkap banget.. Slrrrp, seger..
Karena aku bagian bikin kue dan waktu itu kepengen banget ngemil pizza (ngemil jaree..), akhirnya dibuatlah pizza yang emang kurencanain kejunya tebeeeeel banget, huaah :9

Waktu itu nemu resep tante Laura Vitale yang jago banget masak pasta dan masakan Italia. Kalo diliat-liat resep crust pizza-nya mantep, garing di luar dan agak nyess di dalem. Hasilnya pun sesuai bayangan! mari tepuk tangaan..
Ini adonan pizza paling oke menurutku, mirip banget sama Pizza Hut. Soalnya aku nggak seberapa suka crust pizza yang ketipisan kayak tortilla, jadi sukanya yaa yang sedikit ngembang kayak roti, dan ini guriiih banget..

Kalo buat toppingnya sih karena sekeluarga nggak suka yang agak manis, jadi aku cuma pake saos tomatnya dikit. Bahannya pun walau nggak sedia lengkap, tapi rasanya tetep luar biasa gara-gara keblinger gurihnya keju yang tebel itu. Apalagi sengaja aku bikin ala stuffed crust, jadi ketutup keju dan didalemnya juga ngejuuu banget! So that's why I called it super-cheesy..
Tapi keju yang kupake nggak aneh-aneh kok, cuma mozarella sama keju quick-melt nya kraft, that's just enough! Karena aku cuma butuh mozarella sebagai texturizernya roti, yaa meleleh-lelehnya itu loh. Tapi berhubung rasanya mozarella itu cuma asin-asin tawar, jadinya aku tambahin keju quick-melt sebagai penambah rasa gurihnya.

Here comes the recipe:

Bahan Crust:
Tepung Terigu Cakra 450 gr
Ragi-Instan 1 sachet
Mentega 3 sdm (dicairkan)
Air Hangat 325 ml
Gula Pasir 1 sdt
Garam 1 sdt

Bahan Topping:
Jamur Merang 2 bungkus
Daging Cincang 1/2 kg
Bawang Putih 4 siung
Bawang Bombay 3 buah
Saos Tomat 2 sdm
Saos Tiram 2 sdm
Gula, Merica, Garam, dan Air secukupnya

Pelengkap:
Oregano secukupnya
Keju Mozarella 250 gr
Keju Quick-melt 250 gr

Cara
1. Buat starter adonan: Campur air hangat, gula pasir, dan ragi, aduk rata dan diamkan 10-15 menit.
2. Campur terigu, garam, mentega cair, uleni selama 5 menit.
3. Tuangkan starter adonan pada campuran terigu lalu uleni hingga kalis dan menjadi adonan selama 10 menit. Bagi menjadi 2 bagian, bentuk bola, olesi dengan minyak agar adonan tidak mengering, dan taruh dalam wadah yang berbeda.
4. Tutup wadah menggunakan plastic wrap dan biarkan selama 2 jam. Tips: Biar mengembangnya cepet, taruh di dalem oven yang mati (jangan nyalakan oven).
5. Topping: Tumis bawang putih, daging cincang, dan sedikit air. Masak hingga daging matang.
6. Masukkan jamur merang, dan bumbu-bumbu sesuai selera.
7. Di wadah yang terpisah, tumis bawang bombay hingga setengah layu, tiriskan.
8. Lalu masukkan bawang bombay ke dalam campuran daging, aduk rata.
9. Setelah dibiarkan 2 jam, bentuk adonan sesuai loyang yang tersedia dengan ketebalan sekitar, beri toping dan parutan keju.
10. Panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 30-45 menit.

As easy as that, enjoy!

No comments:

Post a Comment