Tuesday, April 24, 2012

Apple Crostata


Semingguan ini ditinggal mama pergi ke pacet ternyata diikuti juga dengan nggak jualannya tukang sayur langganan, sakit katanya. Akhirnya pas kepepet terpaksa manfaatin semua yang ada di kulkas..
Berhubung ngeliat ada apel fuji  yang nganggur di kulkas, tiba-tiba kepikiran bikin crostata. Mumpung nggak ada mama jadinya ada kesempatan buat nggak makan, tapi ngemil teruuus seharian, hahaha..
Anyway, crostata itu sejenis pie. Bahan crust-nya sama kok, cuma menurutku cara penyajiannya aja kali ya. Kalo crostata ini nggak perlu loyang pie, karena cukup dilipet-lipet seadanya aja di atas loyang datar setelah dikasi filling. Naah karena cuma dilipet-lipet aja jadi filling nya crostata pasti yang bentuknya solid, setauku sih hampir semua diisi pake buah, apapun itu.

See how beautiful the crust is..
Ini salah satu kue paling simpel buat dibikin, nggak susah sih tapi emang sedikit time-consuming yah.. karena kita butuh nunggu adonan pie di kulkas berjam-jam (bahkan kalo bisa overnight) dan digiling bolak-balik buat dapetin hasil crust yang berlapis sempurna..
Sedikit tips, untuk membuat adonan pie yang renyah, aku sengaja masukin semua bahan-bahannya ke dalem kulkas beberapa jam sebelum diolah. Jadi intinya kita timbangin terigu, mentega, dan air sesuai takaran. Masukin ke plastik yang berbeda-beda dan cemplungin deh ke kulkas.. hehe

Catet yaa resepnya..

Bahan Pie Crust
Terigu Serba Guna 225 gr
Mentega 120 gr
Air Dingin 100 ml

Filling
Apel Fuji 1 buah
Gula Pasir 1 1/2 sdm
Kayu Manis Bubuk 1/2 sdt
Garam 1/4 sdt
Air Perasan Jeruk Lemon 1 sdm
Tepung Terigu 1 sdm

Topping
Gula Pasir 1 sdm
Telur 1 buah

Cara
1. Campur tepung terigu dan mentega. Aduk sebentar menggunakan garpu. Karena kita nggak bertujuan buat nguleni adonan, jadi asal nyampur aja ya.. memang agak berindil jadinya, but that's perfect!
2. Masukkan air dingin ke dalam adonan, dan lagi-lagi aduk sebentar saja asal air tercampur dengan adonan.
3. Ambil plastic wrap dan bungkus adonan. Masukkan ke dalam kulkas dan tunggu 30 menit.
4. Taburi alas dengan tepung, ambil adonan dan beri sedikit tepung. Gulung dengan rolling pin hingga membentuk persegi (It's ok, I know you won't get it in your first try..). Meskipun adonan masih terlihat pecah pada gilingan pertama, jangan khawatir. Lipat adonan seperti melipat sapu tangan, beri sedikit tepung dan gulung lagi.. Ulangi langkah ini berkali-kali hingga mendapat adonan pie yang rapi dan licin, biasanya sih sekitar 4-6 kali.
5. Setelah mendapat adonan pie yang diinginkan, bungkus lagi menggunakan plastic wrap dan biarkan di kulkas selama 1 jam. (Kalo mau yang perfect sih overnight.. hehe)
6. Kupas kulit apel dan potong melintang denga tebal sekitar 1 cm. Beri perasan jeruk lemon, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, dan tepung.. Aduk rata. Terigu di sini berfungsi sebagai pengikat cairan yang keluar dari apel, biar nggak bikin kulit pie kita basah tapi justru seolah-olah kita dapet apel jam yang manis-manis lengket di dalem crostata kita.. enak deh!
7. Gulung adonan pie membentuk lingkaran, masukkan filling apel ke dalamny dan sisakan jarak sekitar 3 cm dari pinggiran.
8. Olesi pinggiran pie bagian dalam tersebut dengan kocokan telur, lalu lipat seperti melipat renda / kulit pastel.
9. Olesi adonan kulit pie bagian luar dengan kocokan telur, beri taburan gula pasir.
10. Panggang dalam oven bersuhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit hingga kulit pie kuning kecoklatan.

Off course, you can enjoy this recipe with whatever you have on hand! Vanilla ice cream or Caramel sauce is good to go, but for me this crostata is rich enough..
Jadi cukup taburan gula halus aja uda bikin melayang-layang, and i can eat it all-day.. hehe
Resep ini untuk 1 buah crostata ukuran personal-nya pizza, jadi cuma 4 slice. Enough for me, but i don't think it's enough for you.. because it's so de.. lightful! ;)

No comments:

Post a Comment