Monday, April 23, 2012

Cinnamon-Sugared Soft Pretzels!


Have you ever eaten pretzels before? Yap, i haven't.. until i made this recipe! Meskipun sampe sekarang gatau rasa pretzel yang bener kayak gimana, at least i've tried mine.. haha
Kayaknya sih bener yang aku bikin ini, soalnya denger-denger pretzel tuh garing dan agak keras di luar (kalo diketuk bunyinya "tok tok tok"), tapi begitu dipotek bagian dalemnya fluffy banget.. sesuai deh sama pretzelku :D

Again and again, a fantastic recipe by Laura Vitale! Tante ini detil banget nunjukin step by step dan tips cara bikinnya.. dan yang paling bikin gatel adalah dia selalu nyobain kue / masakan hasil bikinannya sendiri di akhir acara. Sebelas-duabelas sama pak bondan, si tante jago banget nggambarin tiap detil rasa yang masuk ke mulutnya.. dijamin deh yang nonton kehipnotis buat nyobain resepnya, termasuk aku.

Ini yang uda dibedakin pake confectioners sugar, biar cantik dong..
FYI, pretzel bisa dibikin dua rasa.. the sweet one or the savory one. Gampang banget karena itu semua tergantung toppingnya. Kalo mau yang manis bisa dibikin kayak resepku ini, pake gula dan bubuk kayu manis. Kalo pengen yang gurih bisa pake koasher salt, atau kalo ga ada pake sea salt pun jadi..

Langsung wae lah resepnya..

Bahan Pretzel
Tepung Terigu Cakra 250 gr
Ragi Instan 1/2 sachet
Susu Cair Hangat 175 ml
Gula Pasir 4 sdm
Garam 1/2 sdt
Mentega (dicairkan) 2 sdm

Foam
Air 700 ml
Baking Soda 100 gr

Topping
Gula Pasir 2 sdm
Kayu Manis Bubuk 1 sdt
Telur 1 butir
Air 1 sdm

Cara
1. Campur susu cair hangat, gula pasir, dan ragi instan. aduk rata dan diamkan 10-15 menit.
2. Campur terigu, garam, mentega cair. Aduk hingga merata.
3. Masukkan larutan ragi ke campuran tepung, uleni hingga menjadi adonan yang kalis. Lumuri dengan sedikit minyak, tutup rapat dengan plastic wrap, dan diamkan selama 2 jam di tempat hangat (di dalam oven yang mati) hingga mengembang.
4. Bagi adonan menjadi 6. Ini cara membentuknya: gulung adonan memanjang, bentuk huruf U, lalu tarik kedua ujungnya ke bagian dalam dan tekan. Do the same thing to the rest..
5. Foam: Didihkan air lalu masukkan baking soda, setelah mendidih kecilkan api. Jaga agar larutan ini tidak sampai mendidih saat nanti digunakan.
6. And what we gonna do with the foam is.. Masukkan adonan pretzel yang sudah dibentuk ke dalam larutan baking soda, one at a time. Biarkan mengembang selama 1 menit (hanya 1 menit!), segera angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama pada sisa adonannya..
Note: We can't skip this step, why? because the baking soda really do something to the recipe, i just don't know how.. It's kinda science thing, the baking soda make the crusty texture that a soft pretzel is known for.. trust me!
7. Atur adonan preztel yang sudah di-foam pada loyang yang sudah diolesi mentega.
8. Kocok telur dan beri sedikit air (this is what we called eggwash), oleskan merata pada adonan pretzel.
9. Campur gula dan kayu manis bubuk, taburkan di atas pretzel.
10. Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 12-15 menit.

The best thing is, you gonna love it when the cinnamon's smell comes out all over your kitchen.. Soo, heavenly!
Oh come on.. i did it, and now it's your turn :)

No comments:

Post a Comment