Monday, April 23, 2012

Chunky-Monkey Pancakes With Peanut Butter Sauce!


Another hit from Tante Martha Stewart yang lagi-lagi bikin naluri memasak balik lagi!
Terinspirasi liat resep buttermilk pancake-nya, yang kali ini aku modifikasi dengan tambahan pisang, kacang almond, dan tentu juga sausnya.. yumm..

Emang ya, jenis makanan yang paling gampang dimodifikasi itu pancake. Soalnya mau dibikin manis oke, dibikin savory juga oke. Tapi menurutku sih paling manteb ya dibikin manis, daripada jadi yang gurih-gurih sih kalo seleraku ya mending sekalian aja dijadiin telor dadar.. hahaha

Ini dibikinnya di 'kampung halaman' wanna be-ku! hehe, di kota pacet. Hawanya di sana adem sih, bawaannya pengen makan terus. Alhasil pancake yang satu ini bukan dijadiin sarapan / makan siang / makan malem, tapi jadi cemilan sore! manteb kaan..

Karena pake pisang, pancake nya jadi lebih moist. Lembuuut banget! Apalagi ada sensasi krenyes-krenyes nya kacang almond yang pas kegigit itu rasanya guriiih.. nggak lupa juga saus peanut butter-nya yang aku campur sama madu jadi tambah legit menggigit deh pas disuap, nagih banget..

Langsung  nih kulempar resepnya:

Bahan
Tepung Terigu Serba Guna 175 gr
Pisang Cavendish (dilumatkan) 2 buah
Gula Pasir 30 gr
Mentega (dicairkan) 2 sdm
Telur (dipisah kuning dan putihnya) masing-masing 2 buah
Baking Powder 2 sdt
Baking Soda 1/2 sdt
Susu Cair 200 ml
Air Jeruk Nipis 2 sdm

Saus
Madu / Mapple Syrup 200 ml
Peanut Butter Jam 3 sdm
Mentega (dicairkan) 1 sdm

Cara
1. Membuat buttermilk terlebih dahulu dengan cara: mencampurkan susu cair dan air jeruk nipis. Aduk rata dan diamkan sekitar 15 menit.
2. Campur gula dan kuning telur dalam satu wadah dan kocok hingga mengembang dan pucat.
3. Campur tepung dan baking powder, aduk rata.
4. Campur buttermilk dengan baking soda, dan masukkan ke dalam kocokan kuning telur. Aduk rata.
5. Masukkan campuran buttermilk, pisang, dan kacang almond ke dalam tepung, dan aduk sesedikit mungkin (sekadar merata dan biarkan adonannya sedikit lumpy).
6. Kocok putih telur hingga mengembang dan masukkan ke adonan.
7. Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk sebentar. Biarkan adonan ini selama 30 menit hingga muncul lubang-lubang buih pada adonan.
8. Untuk sausnya, lelehkan mentega dan tambahkan madu. Aduk rata dan panaskan dengan api kecil, lalu masukkan peanut butter jam. Aduk terus hingga mendidih dan mengental. Tiriskan.
9. Panaskan teflon, beri sedikit mentega. Panggang adonan dan biarkan matang hingga muncul lubang-lubang buih, lalu balik. Tunggu hingga kuning kecoklatan dan matang.
10. Sajikan pancake dengan saus, nikmati :)

Resep ini untuk membuat 6 buah pancake. Ingat bahwa resep ini mengandung banyak karbo sehingga bagi yang memperhatikan asupan kalori, satu buah pancake ini sekitar 214 kalori lengkap dengan sausnya.. just eat smart!

No comments:

Post a Comment