Friday, December 14, 2012

Pink Tuna Pizza Rolls



What is that pink stuff? It's a pizza.
Is that edible? Yes, it is.
Why did you color the pizza pink? Why not.

Hahaha, i don't know but in the recent days i think i'm craving for something that coloured. Abis nyicipin mie pelangi, nyicipin rainbow cookies, eh gatau kenapa pas lagi bikin pizza bawaannya diwarnain. Lebih menggugah selera aja sih, meskipun kadang yang berwarna-warni itu rasanya standar aja sebenernya (nggak bikin bilang WOW sambil koprol)

Untuk pizza kali ini, aslinya mau kubikin roll nya warna-warni, tapi orang rumah anti banget sama makanan berwarna ngejreng. Akhirnya dibikin aja pizza dengan satu warna, pink soft gitu..

look at this baby, isn't she cute? aww..

Isiannya tuna kalengan, jamur champignon, bombay, tomat, dan keju. Ulalaa~
Adonan digiling persegi panjang terus diisiin topping. Digulung kayak roll cake, terus dipotong deh. Jadilah pizza rolls! cumaaa, waktu memanggangnya lebih lama ya gaess, kmaren sih sempet kecepetan (awalnya cuma 40 menit), jadi yang tengah agak soggy. Tapi begitu tau, langsung dipanggang lagi deh sekitar 20 menitan.. dan matang sempurnaa :D

Bahan Crust Pizza:
silahkan liat di sini, Adonan Pizza ala Icha
Pewarna makanan merah 2-3 tetes

Bahan Topping:
Tuna kaleng, squeeze well, hancurkan sedikit
Tomato paste, bukan saus tomat loh yaa..
Tomat 1 buah, iris tipis
Bawang Bombay, potong dadu
Jamur Champignon, iris melintang
Keju Quick-melt secukupnya
Garam, merica, oregano secukupnya
Minyak secukupnya

Cara
1. Buat starter adonan: Campur air hangat, gula pasir, dan ragi, aduk rata dan diamkan 10-15 menit, beri 2 hingga 3 tetes pewarna makanan, aduk rata.
2. Campur terigu, garam, mentega cair, uleni selama 5 menit.
3. Tuangkan starter adonan pada campuran terigu lalu uleni hingga kalis dan menjadi adonan selama 10 menit. Bentuk bola, olesi dengan minyak agar adonan tidak mengering, dan taruh dalam wadah.
4. Tutup wadah menggunakan plastic wrap dan biarkan selama 2 jam. Pada 1 jam pertama ketika adonan sudah mengembang, pukul adonan hingga mengempis. Lalu biarkan hingga mengembang lagi pada 1 jam berikutnya. Tips: Biar mengembangnya cepet, taruh di dalem oven yang mati (jangan nyalakan oven).
5. Saus Pizza: tumis bawang bombay dengan sedikit minyak hingga harum dan layu, masukkan tomato paste, aduk rata dan beri garam, merica, oregano hingga rasa sesuai selera. Tiriskan.
6. Setelah dibiarkan 2 jam, giling adonan menjadi persegi panjang. Oleskan saus pizza, tuna, dan jamur di atasnya secara merata. Parutkan keju quick-melt, lalu gulung pizza seperti roll cake. potong menjadi 8-9 bagian.
10. Letakkan dalam loyang yang telah dioles margarin, biarkan adonan pizza mengembang selama 15 menit sebelum dipanggang.
11. Beri irisan tomat dan jamur, lalu taburi dengan parutan keju lagi di atasnya. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 60 menit atau lebih.

P.S. Lamanya memanggang pizza roll ini jelas berbeda dengan lamanya memanggang pan pizza, karena doi digulung dan ditempelkan satu sama lain. Meskipun yang pinggir keliatan mateng, belom tentu bagian tengahnya mateng. Oleh karena itu setelah 40 menit, usahakan cek bagian tengah pizza dengan mencuil ato menusukkan lidi. Jika masih soggy dan masih rasa adonan, you'd better wait for another minutes..

No comments:

Post a Comment