Thursday, December 20, 2012

Mushroom Omelette with Ginger Sauce


Ya gini ini kalo kelaperan dan pengen bikin makanan yang cepet dibuat. Biasanya sih larinya ke omelet, hehe. Beda sama dadar telor loh yaa.. omelet kan pake tambahan susu sama keju. Dimasaknya pun nggak sampe mateng. Begitu bawahnya set, dilipet deh. Ditunggu sekitar 2-3 menit terus selesai.. Jadiii bagian dalemnya masih creamy-creamy gitu, basah dan kerasa telurnya lah.. nyam nyamm~

Usahain deh kalo kelaperan dan darurat gini jangan dibiasain makan mie instan, nggak sehat kawan. Mulai dari mie keringnya sampe bumbunya itu kan bahaya. Toh kita sama-sama ribet masaknya, mendingan masak omelet kan. Nggak tau lagi kalo buat anak kosan, hehe.. eh tapi anak kosan pun mendingan sedia oatmeal loh daripada mie instan. Sama-sama instan masaknya, sama-sama kenyangnya, tapi coba deh lebih sehat yang mana? Naah, masih banyak jalan buat makan sehat kan meskipun kepepet :)

See, it's still warm and creamy. Just barely cooked inside :)

Omelet ini kan bisa diisi macem-macem sesuai selera. Kalo punyaku, diisi sisa jamur champignon dan potongan tomat. Nggak tau kenapa, aku ngerasa omelet lebih manteb kalo dikasi potongan tomat. Basah-basah kecut gimanaaa gitu.. sekaligus mengurangi rasa amisnya telur sih, bikin nggak eneg. Selain itu aku juga bikin ginger sauce buat disiramin ke atas omelet. Tambah spesial kaaan? Mau resepnya? hihi



Ini untuk satu buah omelet yaa..

Bahan:
Telur 1 buah
Tomat 1/2 buah, potong dadu
Jamur champignon 4 buah, iris melintang
Susu cair (plain) 100 ml
Keju parut secukupnya
Garam sedikit, just a tiiiny tiny bit of salt okay?

Bahan Ginger Sauce:
Bawang putih 1 siung, cincang halus
Jahe 1 ruas jari, cincang halus
Bawang bombay 1/4 buah (besar), iris memanjang
Saus Tiram 1 sdm
Air 200 ml
Tepung Maizena 1 sdt
Garam, merica, bubuk cabai secukupnya


Cara:
  1. Ginger Sauce: Tumis bawang putih, bawang bombay, dan jahe dengan mentega hingga harum dan layu. Tambahkan 150 ml air dan saus tiram, aduk rata. Beri garam, merica, dan bubuk cabai hingga rasa pas dan sesuai selera. Campurkan tepung maizena dan sisa air hingga menjadi larutan, masukkan ke dalam saus sambil diaduk. Masak hingga mendidih dan mengental, tiriskan.
  2. Omelet: Kocok telur hingga mengembang, masukkan susu cair dan keju, aduk rata. Masukkan tomat dan jamur champignon dan bumbui dengan sedikit garam (sesuaikan dengan banyaknya keju yaa, kan keju uda asin). Panaskan teflon dan beri mentega, masukkan telur dan masak hingga bagian bawahnya set dan cukup kering. Jika sudah set, lipat adonan menjadi dua (meskipun atasnya masih basah, it's ok). Masak hingga 2-3 menit sambil membalik omelet jika terlalu kering di salah satu sisi.
  3. Angkat dan sajikan dengan saus.. ulalaa~

No comments:

Post a Comment