Friday, December 28, 2012

Apple Pie VS Apple Strudel


One of my favorite dessert is apple pie! The filling is soo soft yet scrumptious, and the pastry crust is flaky.. For me, this is the ultimate deliciousness of all :D

Ngeliat 3 biji apel honey crisp di kulkas yang nggak dimakan-makan, berarti harus ada cara lain nih buat ngabisin. Habisnya ngliat kulit si apel uda mulai keriput, sayang banget kalo dibiarin kusut dan berujung di kotak ijo gede di belakang rumah (a.k.a tempat sampah). Ngliat banyak resep-resep apel di internet, eeh berujunglah pencarian saya pada resep apple pie.. hehe, awalnya sih pengen cari resep yang lebih simpel, tapi kok yang satu ini lebih menggoda. Dimulai deh bikin kulit pastry nya yang bikin tangan berasa abis angkat barbel.. giling sana, giling sini.. lipet sana, lipet sini.. koprol sana, koprol sini.. eh, yang terakhir bercanda ding! hehe, bikin kulit pastry ga perlu sampe koprol kok.


Selain resep apple pie, resep lain yang menggoda iman itu ya si apple strudel. Mestinya sih pake pastry ber-korsvet ya, tapi berhubung kulit pastry sisa apple pie-nya masih banyak, yauda deh dipake aja yang ada. Daripada dibuang kan ya.. Sebenernya bisa sih dibikin crostata, tapi kan uda pernah diposting dan akikeus maunya cari resep yang baru cyin.. buat nambah setoran ke blogger :P

the crumble goes sooo well with the filling..

Yaudin deh, jadi lah dua resep kue inii.. Dua-duanya enak kok, pake banget lagi, hehe. Papa sama mama doyaaaan, pas lagi anget-angetnya ngabisin masing-masing dua potong, eh sesorean tadi ambil lagi, yeyy.. Alhamdulillah :)
Karena judulnya pake versus, kalo harus milih ya si apple pie lah yang juaraa. Kenapa eh kenapa? Karena fillingnya lebih tebel dan crumble di atasnya tuh rasanya gurih krenyus-krenyus gimanaaa gitu. Meskipun fillingnya manis dan tebel, tapi nggak eneg gegara ada si crumble ini.

Just read more for the recipe!

Bahan Pie Crust (Ketiga Bahan ini harus dalam keadaan DINGIN):
Butter 200 gr
Terigu serba guna 250 gr
Air 100-150 ml (cukup sampai flaky)

Bahan Crumble:
Butter 75 gr
Mentega 100 gr
Gula pasir 1 sdm
Kayu manis bubuk 1/2 sdt

Bahan Filling:
Apel Honey Crisp 3 buah, kuliti dan potong agak tipis
Gula pasir 4-5 sdm
Garam 1/2 sdt
Air jeruk lemon 3 sdm
Kayu manis bubuk 1 sdt

Cara:

  1. Campur tepung terigu dan mentega. Aduk sebentar menggunakan garpu. Karena kita nggak bertujuan buat nguleni adonan, jadi asal nyampur aja ya.. memang agak berindil jadinya, but that's perfect!
  2. Masukkan air dingin ke dalam adonan, dan lagi-lagi aduk sebentar saja asal air tercampur dengan adonan.
  3. Ambil plastic wrap dan bungkus adonan. Masukkan ke dalam kulkas dan tunggu 30 menit.
  4. Saatnya menggiling adonan. Taburi alas dengan tepung, ambil adonan dan beri sedikit tepung. Gulung dengan rolling pin hingga membentuk persegi (It's ok, I know you won't get it in your first try..). Meskipun adonan masih terlihat pecah pada gilingan pertama, jangan khawatir. Lipat adonan seperti melipat sapu tangan, beri sedikit tepung dan gulung lagi.. Ulangi langkah ini berkali-kali hingga mendapat adonan pie yang rapi dan licin, biasanya sih sekitar 4-6 kali.
  5. Setelah mendapat adonan pie yang diinginkan, bungkus lagi menggunakan plastic wrap dan biarkan di kulkas selama 1 jam sebelum dicetak ke loyang.
  6. Untuk membuat crumble caranya sama dengan membuat pie crust di atas, tapi tanpa ada penambahan air. Campurkan semua bahan crumble dan aduk menggunakan garpu hingga bergerindil. Bungkus dalam plastic wrap dan biarkan dalam kulkas.
  7. Untuk isinya, kupas kulit apel dan potong melintang dengan tebal sekitar 1 cm. Beri perasan jeruk lemon, gula pasir, garam, kayu manis bubuk, dan tepung.. Aduk rata. Terigu di sini berfungsi sebagai pengikat cairan yang keluar dari apel, biar nggak bikin kulit pie kita basah tapi justru seolah-olah kita dapet saus apel yang manis-manis lengket gitu, enaak :)
  8. Gulung adonan pie dengan ketebalan 1/2 cm. Lalu potong adonan sesuai bentuk loyang dengan menambahkan sekitar 3 cm untuk pinggirannya (jika menggunakan loyang bulat seperti saya). Letakkan pada loyang yang telah diolesi margarin dan rapihkan adonan.
  9. Tusuk-tusuk bagian dalam adonan dengan garpu, lalu masukkan filling. Taburi bagian atasnya dengan crumble dan biarkan set di dalam kulkas sekitar 15-30 menit, sambil memanaskan oven.
  10. Panggang dalam oven bersuhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 40-50 menit hingga kulit pie kuning kecoklatan.
P.S. Ini untuk membuat satu loyang pie berdiameter 17 cm ya, dan itu pun masih ada sisa adonan sekaligus fillingnya. That's why i also made the strudels.. just be creative with your excess dough! It's up to you ;)

1 comment:

  1. wah, kynya enak nih. tapi bahan crumble nya kok nggak ada tepungnya ya?

    ReplyDelete