Friday, June 1, 2012

Chicken & Veggie Pie


Actually this recipe should've been posted on May,
Tapi apa mau dikata.. yang punya blog lagi sibuk nulis novel cinTA. Hahaha, ya, cinTA.. ehm maksudnya sih buku TA.
Okei, buat yang belom tau sebenernya aku lagi duduk di semester 8 di institut teknik tercintaa (baca: ITS). Dan ya, berarti sedang berada di masa-masa kritis penentuan jati diri, ceilaah..
Tahun ini, aku harus bisa lulus ><
So heyy, to everybody out there, whether you know me or not, pretty pretty please.. wish me luck for my final project in this semester!

Well, off to our main topic..
Resep ini aku buat untuk memeriahkan gathering perdana ECC (Electrical Cooking Club), hihi
Klub memasak pertama yang diprakarsai cewek-cewek imut angkatan 2008. Yang intinya, bakal ada kegiatan rutin tiap minggu di mana kita masak sesuai tema yang ditentuin, dan makan bareng-bareng. How lovely.. :D

Ini hasil jepretannya si abang, makasi yaa :3

Karena tema pertama kita adalah breakfast, jadi aku bikin ini..
By the way, pie ini aku isi pake adonan ragout yang aku bikin pake ayam, jamur, dan wortel. Jadi ini adalah pie versi savory.. Karena fillingnya agak basah, rada sedikit was-was kalo adonan nya masih soggy setelah dipanggang.. dan ya, ada sedikit kurang mateng di bagian bawahnya, padahal uda dikasih potongan roti tawar biar juice dari fillingnya bisa diserap..
Agak sedih sih, tapi jadi pemicu lagi biar suatu saat harus lebih siap dan bisa perfect kalo bikin pie yang fillingnya basah.. semangaat!

Ada yang penasaran ga kenapa di foto pertama ada alumunium foil dipinggirnya? Hehe, buat yang pernah bikin pie pasti sempet mengalami hal yang sama.. pinggirnya gosong duluan sebelum bagian dalem mateng.
That's right! aku sengaja bentuk alumunium foilnya jadi gitu buat nutupin pinggirannya biar nggak gosong duluan, yaa setelah 20 menit pertama.. karena pas ngintip bagian bawahnya masih belum mateng, jadi tinggal dipayungin deh, genit yaa..

Sisa adonan ragout aku pake jadi sarapan di hari besoknya, jadi ini niiih..

Roti panggang isi keju dan ragout, yumm..



Bahan:
Adonan Pie, klik di sini
Fillet Dada Ayam 350 gr
Jamur Tiram 300 gr
Wortel Besar 3 buah
Mentega 2 sdm
Bawang Putih 2 siung
Susu Cair 250 ml
Tepung terigu 3 sdm
Saus Tiram 3 sdm
Telur 1 butir
Roti Tawar 3 lembar, remahkan.
Garam, Gula, Merica secukupnya

Cara:
1. Dada ayam, jamur tiram, dan wortel potong kotak kecil-kecil.
2. Cincang bawang putih dan tumis hingga harum menggunakan mentega.
3. Masukkan potongan ayam, tumis hingga setengah matang (warnanya putih pucat).
4. Masukkan susu cair, biarkan hingga mendidih.
5. Setelah mendidih dan ayam matang, masukkan wortel dan jamur. Masak hingga mendidih lagi dan wortel matang (jangan terlalu empuk, karena nanti juga akan dipanggang sebagai isi pie).
6. Masukka saus tiram, garam, gula, dan merica hingga rasanya sesuai selera.
7. Masukkan tepung terigu dan aduk dengan cepat sampai adonan mengental. Matikan api dan dinginkan.
8. Bagi adonan pie menjadi dua (untuk alas dan penutup). Giling adonan pie sesuai ukuran loyang dengan ketebalan 1/2 cm.
9. Tusuk-tusuk bagian alas pie menggunakan garpu, lalu masukkan remahan roti tawar. Masukkan adonan ragout ke dalamnya.
10. Tutup bagian atas pie dengan sisa adonan, rapatkan bagian pinggirnya dan bentuk sesuai selera. Buat lubang udara menggunakan garpu atau lubang udara seperti contoh pie di atas. Hal ini dilakukan agar uap air dari isian pie nggak membasahi adonan karena nggak ada lubang untuk keluar.
11. Olesi bagian atas pie dengan kocokan telur.
12. Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Panggang selama kurang lebih 45-50 menit dengan suhu 170-180 derajat celcius.

P.S. Don't forget to check your pie crust every 20 minutes.. When it's get too brown, cover them with alumunium foil, just like i did..

No comments:

Post a Comment