Saturday, June 2, 2012

Japanese Dumplings: Gyoza


Katanya sih asal-usul gyoza ini sebenernya dari China, tapi takdir ternyata menentukan si gyoza ini lebih populer di Jepang. Akhirnya orang-orang dan termasuk aku ngira kalo gyoza ini makanan jepang, karena kalo searching di google lebih terkenal dengan nama "Japanese Dumplings"..
Ya ya ya, terserah mau dari mana deh.. Jepang sama China kan masih bisa dibilang serumpun, wajar aja kalo segala macemnya termasuk makanan pun ber-akulturasi (Ceilaah bahasa nyaaa..)
Yang jelas gyoza ini enak dan ga penting buat dijadiin bahan klaim sebagai makanan tradisional dari negara mana, nggak kayak negara kita sama negara tetangga nih yang apaaaa aja jadi rebutan. Katanya serumpun, yaa wajar kalo banyak yang mirip-mirip lah. Lha wong satu peranakan.. -_____-"

Lanjuuuuuut..
Gyoza ini dibikin buat setor resep mingguan ke klub memasakku di kampus, Electrical Cooking Club. Karena tema minggu itu adalah chinese food, jadilah langsung kebayang dim sum, dkk. Tapi karena pengen yang beda, jadinya gyoza ini kupilih.


Apaanya yang beda hayoo? haha, ternyata si gyoza ini sebelum disteam terlebih dulu di-pan-fried.. Bagian bawahnya mateng kena efek goreng, tapi bagian atasnya tetep lembut karena matengnya kena efek steam.
That's why tekstur gyoza nggak selembut dumpling lain, tapi karena ada gosong-gosong di bagian bawahnya itu justru jadi sensasi tersendiri saat dimakan.. Apalagi pas dicocol saos sambel, yooosh..

Bahan Kulit:
200 gr Tepung Terigu All-Purpose
1/2 sdt Garam
100 ml Air Hangat
Tepung Tapioka seperlunya

Bahan Filling:
300 gr Daging Ayam Fillet, giling halus
150 gr Jamur Tiram, rebus setengah matang dan cincang kasar
1/2 buah Kol, rebus sebentar dan cincang kasar
1 ruas Jahe, cincang halus
2 siung Bawang Putih, cincang halus
1 sdm Minyak Wijen
3/4  sdm Garam
1 sdt Merica

Bahan Steam dan Pan-fried:
250 ml Air Kaldu Ayam
1 sdm Margarin
1 sdt Minyak Wijen

Cara:
1. Campur tepung dengan garam, aduk rata dan perlahan masukkan air hangat. Uleni hingga kalis hingga tekstur lembut (jika ditekan empuk seperti earlobe). Bentuk bola dan biarkan 1 jam di dalam wadah yang ditutupi kain basah.
2. Bentuk bulat lonjong kemudian iris tipis, lalu giling hingga bentuknya seperti kulit pangsit. Jika ingin lebih rapi, ambil cetakan cookies berbentuk lingkaran dan cetak kulit gyoza sehingga hasilnya berbentuk lingkaran. (Aiish ribet yak bahasanya.. yaa gitu lah pokoknya)
3. Setiap membuat satu lembar kulit gyoza, taburi dengan tepung tapioka secara merata sebelum ditumpuk dengan kulit gyoza lainnya. Intinya biar nggak lengket..
4. Buat isian nya, campur gilingan daging ayam, jamur tiram, kol, jahe, bawang putih, minyak wijen, garam, dan merica. Aduk rata..
5. Ambil sesendok kecil isian dan taruh di tengah kulit gyoza, olesi pinggirnya dengan sedikit air, lalu lipat seperti melipat kain gorden. Lakukan hingga selesai.
6. Untuk step "Pan-Fried", panaskan teflon dengan api sedang. Olesi dengan margarin dan minyak wijen, tunggu hingga panas.
7. Taruh semua semua gyoza ke dalam teflon, atur melingkar. Goreng dengan api sedang hingga bagian bawah gyoza berwarna kecoklatan.
8. Setelah bagian bawah matang, step selanjutnya dinamakan "Steam". Dengan api sedang, tuang setengah kuah kaldu lalu langsung tutup rapat teflon (Tutupnya kalo bisa bening yaa..), biarkan selama 5-7 menit hingga mendidih dan kuah kaldu habis.
9. Ulangi step 8, hingga gyoza benar-benar matang. Matikan api dan angkat.
10. Cocol saos sambel deh..

Lebih recommended kalo pake sambel bangkok, alamaaak manis asem seger..
Ini bisa jadi sekitar 60 buah gyoza, puas kan puass?

1 comment: