Sunday, October 14, 2012

Mie Kluntung Suroboyo


Sebenernya lagi ngidam berat sama yang namanya mie kluntung, maunya sih beli aja tapi penasaran pengen nyoba bikin sendiri. Sapa tau sakses, ya nggak.. haha
Kata mama, mie basahnya itu banyak dijual di pasar. Tapi bayangin joroknya itu yang bikin ogah buat beli. Bayangin kalo mienya dilalerin dan kena asep, apalagi kalo ternyata bikinnya pake pengawet. Halaaah, yauda nggak ada salahnya deh nyoba. Kalo gagal yaa kapan-kapan bikin lagi, itung-itung sambil belajar..
Kebetulan ada dada ayam sisa di rumah, trus juga ada sawi sama kol. Sip lah berarti emang ada jalannya buat nyoba ;)


Karena nggak tau jenis mie yang dipake apa, akhirnya dari hasil googling kok kayaknya lebih condong ke udon ya, hehe, itu mie kenyal dari jepang. Apalagi di cara bikinnya nggak perlu pake gilingan mie, cukup digiling, dilipet, terus diiris agak tebel. Tapi ya itu, butuh tenaga ekstra buat giling manual pake rolling pin. Berkali digiling-giling biar hasil mienya bisa melar panjaaaaang.. aand it was all worth it! Hey, proud of me :D

Langkah-langkah bikin udon nya sebenernya gampang, tapi karena lagi males nulis dan langkah-langkahnya nggak sempet terdokumentasi, jadi aku rekomendasiin buat buka blog ini: Homemade Udon, mulai resep, langkah pengerjaan, sampe gambar tiap langkah pun jelas banget disana. Yang aku tau dengan resep di link itu bisa jadi sekitar 500 gram-an udon, atau bisa jadi 3 porsi mie kluntung.

Aku share resep mie kluntungnya aja, hehe

Bahan:
Mie Udon / Mie Keriting 400 gr
Ayam goreng suwir
Sawi Hijau dan Kol, potong-potong
Telur 2 butir, kocok
Minyak Goreng untuk menumis
Minyak Wijen 2 sdm
Kecap Asin 2 sdm
Kecap Manis 2 sdm
Air / Air Kaldu

Bumbu Halus:
Bawang Putih 4 siung
Bawang Merah 4 siung
Lombok Merah 4 buah
Garam

Cara:
1. Tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan telur, aduk rata.
2. Masukkan sayuran, tambahkan mie, ayam suwir, air kaldu, lalu bumbui dengan minyak wijen, kecap, garam, dan merica, aduk rata. Masak hingga mendidih, lalu angkat.
3. Siapin piring, yuuuk makan yuuuk.. :9

No comments:

Post a Comment