Saturday, August 4, 2012

Zuppa Soup (Non Korsvet)


Setelah cukup lama hiatus dari dunia tulis-menulis resep di blog, akhirnya nggak tahan juga karena tangan ini sudah gatel banget pengen nyobain resep sama nulis lagi, apalagi sekarang masih jadi pengangguran..

Baidewei~eniwei~baswei, Alhamdulillaaah namaku tambah panjang sekarang. Ketambahan gelar ST. di belakang. Setelah berpuyeng-puyeng ria sama yang namanya tugas akhir, akhirnya anakmu ini bisa lulus juga mamaak.. tinggal nunggu wisuda bulan september 2012 ini, Insya Allah :)
Doakan lancaar dan cepet dapet kerja yaa, Aamiin!

Kembali ke topik, zuppa soup ini aku bikin sebagai takjil berbuka puasa. Bikin kenyang juga sih, akhirnya solat magrib pun sambil kekenyangan.. hahaha
Sesuai judulnya, Non Korsvet, adonan pastry nya memang aku bikin tanpa lemak pastry atau yang biasa disebut korsvet. Gara-gara uda pengen banget bikin pastry, tapi di toko bahan kue korsvet-nya lagi out of stock.. Akhirnya aku pake butter block sebagai pengganti. Jangan harap bisa membumbung tinggi dan garing kayak kalo pake korsvet ya, tapi dengan butter block aja ternyata bisa berlapis-lapis kok meskipun nggak serenyah adonan korsvet. Oiya, aku bikin adonan pastrynya sehari sebelum dipake, katanya sih yang namanya adonan pastry harus dipanggang dalam keadaan dingin biar renyah sempurna. Jadi perutnya harus sabaar..

Maaf ni foto-fotonya rada amburadul dan asal jepret. Maklum lagi kelaperan bos..

Untuk isian cream soupnya ada jamur, potongan daging ayam, sama udang. Hahaha, lauk semua ya.. Alhamdulillah orang serumah suka, langsung habis begitu buka puasa, dan meja makan penuh remah-remah pastry, hihi



Bahan Pastry:
Tepung terigu serba guna 200 gr
Tepung terigu untuk roti 125 gr
Garam 3/4 sdt
Air, sekitar 300-325 ml
Telur 1 butir

Bahan Butter-block:
Butter 200 gr
Tepung terigu serba guna 100 gr

Bahan Cream Soup:
Susu cair 1 liter
Bawang putih 2 siung (cincang halus)
Dada ayam 300 gr (potong dadu)
Udang 200 gr (buang kulit, potong dadu)
Jamur tiram 200 gr (suwir-suwir)
Tepung terigu 2-3 sdm
Mentega 2 sdm
Penyedap rasa sapi 1 sdt
Garam secukupnya

Cara:
1. Pastry: Campur tepung terigu, garam, dan bread flour, aduk rata. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni selama 15 menit hingga adonan kenyal, halus, dan tidak lengket. Biarkan selama 30 menit dalam wadah yang ditutupi kain (basahi kain dengan air, lalu peras hingga air tidak lagi menetes).
2. Butter-block: Mixer butter dengan tepung dengan kecepatan sedang hingga bercampur. Ambil 2 lembar kertas roti, satu sebagai alas butter-block dan satu lagi ditaruh di atasnya. ratakan butter block menggunakan rolling pin hingga ketebalan 1/2 cm, masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit.
3. Ambil adonan pastry, giling dan ratakan dengan rolling pin hingga ketebalan 1 cm. Lalu letakkan butter-block di atas adonan pastry (diletakkan di tengah, luas butter-block harus lebih kecil dari luas adonan pastry).
4. Lipat sisi kanan dan kiri adonan pastry, lalu lipat sisi atas dan bawahnya hingga butter-block tertutup adonan. Lipat lagi menjadi setengahnya, lalu giling adonan hingga ketebalan 1 cm, letakkan dalam wadah yang tertutup dan masukkan ke kulkas selama 30 menit. (Ulangi langkah ini setiap 30 menit, hingga total pelipatan adonan sebanyak 4-5 kali). Semakin banyak pelipatan akan semakin membuat kulit pastry berlapis, dan lebih baik lagi jika adonan dibiarkan di kulkas semalaman terlebih dahulu sebelum digunakan.
5. Cream soup: Tumis bawang putih dengan mentega hingga harum menggunakan panci anti lengket. Tuang susu cair dalam panci, panaskan dengan api sedang, aduk hingga mendidih. Masukkan ayam, udang, dan jamur secara bertahap (biar tingkat kematangan pas). Setelah semua matang dan kembali mendidih, masukkan penyedap rasa dan garam hingga rasa sesuai selera.
6. Ambil secangkir kuah, campur dengan tepung terigu dan aduk rata. Lalu masukkan campuran ini sedikit demi sedikit ke dalam soup hingga mengental sesuai selera. Tunggu hingga mendidih, lalu matikan kompor.
7. Masukkan cream soup ke dalam wadah tahan panas/microwave safe (cangkir cream soup, dsb) hingga mencapai 3/4 volume wadah. Biarkan hingga dingin.
8. Giling adonan pastry untuk terakhir kali dengan ketebalan 1/2 cm, lalu potong lebih lebar daripada cangkir cream soup (lebih lebar 1-2 cm), Tempel pada bibir cangkir cream soup dengan sedikit menekan (usahakan adonan tidak terkena cream soup, tidak berlubang, kencang, dan menempel sempurna pada cangkir). Olesi dengan egg wash (kocokan kuning telur dengan sedikit air) pada permukaan adonan.
9. Masukkan dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 160 derajat celcius selama 40-45 menit, hingga kulit pastry mengembang dan kuning kecoklatan.
10. Siapin sendok giih, mari kita sendoook! Yumm..

Resep ini jadi sekitar 4-5 zuppa soup, adonannya sih pasti nyisa. Mau tau sisa adonannya kupake apa?? tunggu postingan berikutnyaa :D

1 comment:

  1. T-Tier - Titanium Prices per Pound - Titanium-arts
    T-Tier. - Titanium Prices per Pound. T-Tier. T-Tier. - Titanium Prices per Pound. micro hair trimmer T-Tier. - Titanium Prices per Pound. T-Tier. T-Tier. - Titanium Prices tube supplier per Pound. titanium automatic watch T-Tier. - Titanium ford titanium Prices per Pound. babylisspro nano titanium T-Tier. - Titanium Prices per Pound.

    ReplyDelete