Monday, September 17, 2012

Whole-wheat Simple Pizza~


Stai zitto e mangia~
Shut up and eat. Salah satu kalimat yang sering diucapin orang-orang kalo makan di restoran italia, gitu kata google, hehe. Pizza super simpel yang aku buat ini ga pake lauk macem-macem, cuma manfaatin bahan-bahan ala kadarnya, keju cheddar dan tomat. Yap, dengan topping sesimpel itu dan karena lagi laper, nggak ada waktu buat mengeluh.. so shut up and eat!
Di rumah lagi kehabisan stok bahan makanan karena beberapa hari ini bangun nya kesiangan (mentang-mentang lagi nggak solat), jadinya kelewatan terus tiap tukang sayur lewat. Papa-mama uda semingguan ini ke pacet dan si yuk jadi ikutan bangkong -____- zzZz


Pizza ini adonannya whole-wheat, umm lebih tepatnya pake tepung yang dicampur oatmeal. Ternyata oatmeal ini bikin teksturnya jadi lebih enak karena kerasa gigitan gandumnya. Kalo menurutku ini lebih mantep dari adonan pizza biasa, apalagi lebih sehat karena kita mengurangi takaran tepung. Kalo dari segi topping, jujur aku lebih suka yang simpel kayak gini. Seandainya di rumah ada mozzarella, mungkin mozzarella plus irisan tomat aja uda cukup. Soalnya kalo simpel rasanya jadi lebih otentik, lebih rumahan, dan nggak kayak pizza yang dijual-jual. Sayangnya keju cheddar yg aku pake kurang cocok kalo jadi topping, karena nggak meleleh dan justru garing di pinggirnya.. Next try kali ya :3

Ini resepnya:


Bahan adonan:
Terigu Cakra 125 gr
Oatmeal 75 gr
Gula Pasir 1/2 sdt
Garam 1/2 sdt
Air Hangat 225 ml
Mentega 100 gr, lelehkan
Ragi Instan 1/2 sachet

Cara:
1. Masukkan gula pasir dan ragi ke dalam air hangat, aduk rata dan diamkan selama 15 menit hingga ragi aktif.
2. Campur oatmeal, terigu, dan garam, lalu aduk rata.
3. Buat lubang di tengah campuran tepung, lalu masukkan larutan ragi. Uleni hingga adonan benar-benar kalis, sekitar 10-15 menit.
4. Masukkan 3/4 mentega cair, lalu uleni lagi adonannya.
5. Olesi seluruh permukaan adonan dengan sisa mentega cair, diamkan dalam wadah lalu tutup dengan plastic wrap. Biarkan selama 1-2 jam hingga ukuran adonan menjadi 2 kali lipat sbelumnya.
6. Giling adonan membentuk lingkaran dengan tebal 1/2 cm, letakkan dalam loyang lalu masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya. Oven selama 10 menit dengan suhu 170 derajat celcius.
7. Setelah 10 menit, keluarkan adonan pizza dari oven lalu beri topping sesuai selera. Panggang dengan suhu yang sama, selama 5-10 menit lagi hingga topping dan pizza benar-benar matang.
8. Yeah, we're ready to dig in it!

P.S. Lamanya memanggang pizza bergantung ketebalannya dan mentah/tidak-nya topping. Karena pizzaku kali ini kubikin lebih tipis, jadi waktu memanggangnya total antara 15-17 menit. Just to make sure you don't burn your own pizza, pals..

No comments:

Post a Comment