Saturday, September 1, 2012

Cheese Danish!


Tiap malem sebelum tidur, ada ritual khusus nih. Liat video-video masaknya Laura Vitale di iPod.. Hahaha, Selain berharap dapet mimpi makan-makan enak, ternyata juga bikin apal banget sama bahan-bahan masak dan step-by-step cara masaknya, astagaa :|
Kayak resep yang satu ini, total uda 20an kali aku intip videonya sambil bayangin pas bikin gimana. Akhirnya keturutan juga hari ini, yeay! Dan lagi-lagi sesuai bayangan, rasanya uenaak.. papa sama mama suka banget sampe ngabisin masing-masing dua. Soalnya meskipun namanya cheese danish, pastry yang satu ini nggak menawarkan rasa gurih ngeju. Tapi gurih, manis, asem.. Nah lo darimana? Gurihnya sih jelas dari keju sama adonan pastry, manisnya dari gula pasir, terus asemnya dari yoghurt (Sebenernya sih sebagai pengganti sour cream dan orange zest). Ternyata tetep enaaaaak..

Ini yang dibentuk windmill, gemesin banget..

Cheese danish ini aku bentuk dua macem, yang pertama bentuk fruit cushion (foto yang atas) dan yang kedua bentuk windmill. Fillingnya sih sama, cuma dibentuk beda buat lucu-lucuan aja, hehe
Yang nggak kebayang tuh, ternyata fillingnya nggak meluber kayak yang aku bayangin, bener-bener set dan nggak ngerusak penampilan, fiuuhh.. Ini nih penampakan dalemnya :9


Nggak ada kata-kata lagi selain enaaak. Krispi krenyus-krenyus, terus kalo kegigit fillingnya yang kecut-kecut gurih manis itu, beeuh mana tahaaan. Langsung aja aku bagi nih resepnya:



Bahan Puff Pastry:
Tepung Terigu Cakra 150 gr
Tepung Terigu Sebaguna 100 gr
Korsvet 100 gr, dipipihkan ketebalan 1/2 cm
Mentega 75 gr
Garam 1/2 sdt
Air 200 ml (kurang lebih)

Bahan Filling:
Cream Cheese 150 gr
Yoghurt 100 ml
Gula Pasir 3 sdm (kurang lebih)
Vanilla extract secukupnya
Kuning Telor 1 buah

Topping:
Eggwash (1 butir telor dikocok dan diberi sedikit air)
Gula Pasir sebagai taburan

Cara:
Pastry,
1. Campur tepung terigu cakra, terigu serbaguna, dan garam. Masukkan air sedikit demi sedikit dan uleni hingga kalis. Diamkan selama 30 menit dalam wadah yang atasnya ditutup kain basah yang sudah diperas.
2. Giling adonan menyerupai persegi panjang dan taruh korsvet di tengahnya (ukuran korsvet lebih kecil dari adonan)
3. Lipat semua sisi adonan ke dalam hingga korsvet tertutup, lalu balik adonan. Giling menyerupai persegi panjang lagi, lalu lipat sisi atas dan bawah ke tengah adonan, lalu lipat lagi hingga menutup. Letakkan adonan dalam plastic wrap dan simpan adonan ini ke dalam kulkas selama 30 menit.
4. Ulangi langkah 3 hingga total dilakukan 4-5 kali pelipatan. Usahakan lipatan yang terakhir serapih mungkin agar pada saat digunakan tinggal dibuka (bukan digiling lagi)
5. Biarkan adonan berada dalam kulkas semalaman.
Filling: pastikan bahan-bahan ini dalam suhu ruangan,
6. Masukkan cream cheese, yoghurt, gula pasir, dan vanilla extract dalam sebuah wadah. Lalu kocok hingga benar-benar creamy dan pucat. Rasakan hingga benar-benar sesuai selera (gurih, asam, dan manisnya)
7. Jika rasa sudah pas, masukkan kuning telor. Kocok hingga tercampur rata.
8. Buka lipatan adonan, bagi menjadi sekitar 10 buah persegi.
9. Letakkan filling sebanyak 1 sdm ke tengah adonan, lumuri pinggiran adonan dengan eggwash, lalu ambil 2 sudut diagonal adonan, satukan di tengah, dan pencet hingga menempel (Ini untuk bentuk fruit cushion), pindahkan ke loyang.
10. Jika semua adonan sudah dibentuk, masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Sambil memanaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius.
11. Ambil loyang dari kulkas, oles permukaan pastry dengan eggwash dan taburi dengan gula pasir.
12. Panggang selama 20-25 menit dengan suhu 170 derajat celcius hingga permukaan cokelat kekuningan dan kulit pastry mengembang sempurna.
13. It's done, Could you wait any longer? Big NO.

1 comment:

  1. Wow great.
    Aku juga paling suka sama Laura Vitale.
    :)
    Salam kenal ya..

    ReplyDelete